Minggu, 08 Januari 2012

Bangga Memakai Mobil Lokal !

Satu lagi karya anak bangsa yang patut kita acungi jempol. Kiat Esemka Rajawali, mobil bertipe Super Utility Vehicle (SUV) berwarna hitam ini buatan SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga i Surakarta ini dipilih menjadi mobil dinas Walikota Surakarta Joko Widodo dan Wakil Walikota Surakarta FX Hadi Rudyanto.
Jokowi, panggilan akrab Walikota Surakarta mengaku bangga menggunakan mobil buatan lokal. Bahkan, dia lebih memilih Esemka Rajawali menjadi mobil dinasnya daripada Toyota Camry. Mobil buatan siswa dari dua SMK ini memiliki keunggulan mesin 1.500 cc dan dikerjakan selama 2,5 bulan bekerjasama dengan Kiat Motor Klaten untuk pembuatan bodi dan Autocar Industri Komponen (AIK) Cikampek untuk perakitan mesin. Dan Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) menjadi bengkel pembuatan kedua mobil dinas tersebut. Menariknya, 80 persen material diproduksi di Indonesia. Blok mesinnya dibuat di industry logam rumah tangga Batur, Kecamatan Ceper, Klaten.

Ternyata nggak cuma dua SMK itu saja yang bisa membuat mobil, tapi juga SMK lain di Indonesia. Karena hal tersebut menjadi program Dinas Pendidikan buat siswa-siswa di SMK di Indonesia. Proyek mobil Kiat Esemka juga sudah dilakukan oleh 15 SMK di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jakarta, diantaranya SMK N 1 Trucuk, SMKN 2 Surakarta, SMK Warga Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMKN Tengaran Salatiga, SMK Pati, SMK Kediri, SMK Madiun, SMK Ponorogo, SMK Wonogiri, SMK Salatiga, SMKN 1 Jakarta dan lainnya.



Mobil Kiat Esemka juga bukan satu-satunya mobil buatan lokal. Sebelumnya ada Kancil dan GEA (Gunakan Energi Alternatif)buatan PT INKA, mobil off road Komodo, UPV (Urban Personal Vehicle) dan TAWON buatan PT Super Gasindo Jaya.


Jadi nggak ada alasan lagi kan buat mencintai dan memakai produk buatan lokal?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar